Warga MGPSSR Bali Ketog Semprong Ngiring Nuntun Ida Bhatara Mpu Ghana

Oleh: kristawan | 10 April 2017
Dibaca: 17869 Pengunjung

Warga MGPSSR Bali Ketog Semprong Ngiring Nuntun Ida Bhatara Mpu Ghana

Warga MPPRRS Bali Ketog Semprong Ngiring Nuntun Ida Bhatara Mpu Ghana


Klungkung-Bali, www.citizenbali.com | Ribuan pemedek Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi ( MGPSSR ) memadati areal catus pata Kota Semarapura, Minggu (9/4/2017). Ribuan pemedek yang berasal dari seluruh Bali tersebut mengikuti rangkaian upacara pemelastian nuntun Ida Bhatara Mpu Ghana dari Besakih menuju Goa Lawah dan  Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Ghana di Pundukdawa, Dawan, Klungkung.

"Melasti nuntun Ida Bhatara Mpu Ghana iniakan diikuti sekitar 20  ribu pemedek warga Maha Gotra Pasek Sanak Sapta resi yang ada di seluruh Bali," jelas ketua panitia karya, Nyoman  Putra Suarjana. Iring-iringan penuntunan Ida Bhatara Mpu Ghana dari Besakih tiba di Catur Pata Kota Semarapura sekitar pukul 10.00 Wita. Iring-iringan ini disambut dengan semarak oleh ribuan pemedek warga pasek yang sudah memadati areal Catus Pata Kota Semarapura.


Setelah mengitari Catus pata,  pemedek dan pengungsung Ida Bhatara Mpu Ghana dari Besakih akan berjalan kaki menuju pura Goa Lawah. Setidaknya ada 4 etape yang harus dilewati oleh pemedek saat melasti, yaitu etave pertama dari Catus pata ke simpang empat Satria yang dipunut oleh umat dari Klungkung dan Gianyar.
Dari Satria menuju Tingadi  dipundut oleh umat dari dari Kabupaten Bangli dan Denpasar. Selanjutnya, di Simpang Empat Tingadi menuju Pura Goa Lawah dipundut oleh umat dari Kabupaten Jembrana dan Bangli. Selanjutnya setelah melasti dari Pura Goa Lawah menuju Punduk Dawa dipunut oleh umat dari Karangasem dan Buleleng. [ist]. 





Berita Terkait:


Berita Lainnya:

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 

Terpopuler
Fans Page