Panen Raya Dan Farm Field Day Sistem Jarwo

Oleh: | 04 Agustus 2017
Dibaca: 128 Pengunjung

Panen Raya Dan Farm Field Day Sistem Jarwo

Dinas Ketahanan Pangan Kota Kediri bersama Kodim 0809/Kediri unjuk gigi dalam produktifitas padi, khususnya sistem jajar legowo. Diatas lahan pertanian di Kelurahan Semampir Kecamatan Kota, Pabung Kodim Kediri, Mayor Inf Puguh Jatmiko, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kediri, Ir.Semeru Singgih, Danramil Kota, Kapten Inf Harmadi dan Kapolsek Kota ,Kompol Sucipto, melihat langsung bukti nyata keberhasilan sistem jajar legowo, jumat (04/08/2017)

 

“Hasil panen bulan april hingga juli ini sangat luar biasa, dan bisa dikatakan ada peningkatan dari segi produktifitas, terutama tanaman padi, dan sistem jajar legowo kita berlakukan di Kelurahan semampir. Saya harap, seluruh petani di Kota Kediri selalu termotivasi untuk terus meningkatkan hasil pertaniannya, karena apa, karena petani itu tulang punggung pangan kita, tanpa petani kita bakal kesulitan dalam sektor pangan, untuk itu, petanilah yang paling berjasa,” tutur Ir.Semeru Singgih pada sambutannya.

 

Dari catatan yang diperoleh, lahan seluas 9,2 hektar ini  mampu menembus angka 83,72 ton GKP (gabah kering panen) atau bila dibuat rata-rata dalam 1 hektarnya, mencapai 9,1 ton GKP per hektar, dan data tersebut diperoleh berdasarkan hasil pengubinan yang dilakukan kemarin. Jumlah perolehan panen tersebut berdasarkan asumsi, mengalami peningkatan dibanding bulan yang sama dan luas lahan yang sama pada tahun 2016 lalu.

 

Pada bulan yang sama dan luas lahan yang sama pada 2016, diperoleh angka 80,96 ton GKP atau bila dibuat rata-rata dalam 1 hektarnya, mencapai 8,8 ton GKP per hektar. Dengan asumsi tersebut, maka terjadi peningkatan sebesar 0,3 ton GKP per hektarnya antara hasil panen tahun 2016 dengan tahun 2017.

 

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh petani yang ada di Kediri ini, karena beliau-beliau inilah yang menjadikan kita sampai detik ini bisa makan nasi. Tiap babinsa memang sudah berupaya maksimal untuk selalu mendampingi para petani serta ikut mengawasi pendistribusian pupuk subsidi, bantuan alsintan, benih maupun obat-obatan, karena semua itu adalah hak petani dan Pemerintah sudah mengkucurkannya untuk mensukseskan tercapainya swasembada pangan,” kata Kapten Inf Harmadi kepada awak media, saat diwawancarai.

 

Menurut informasi, acara panen raya dan farm field day ini bakal tayang tunda di salah satu stasiun televisi lokal nanti malam. Selain itu, hari ini juga, salah satu stasiun radio lokal juga turut menyiarkan secara live report, panen raya dan farm field day yang berlangsung di Kelurahan Semampir ini.





Berita Terkait:


Berita Lainnya:

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 

Terpopuler
Fans Page